Total Pageviews

Monday, February 14, 2011

Udon schmudon....


Jakarta, 14 Februari 2011 a.k.a Valentine's Day

Sejujurnya saya bukan tipe orang yang suka marah-marah dengan keadaan semrawut di Jakarta. Sebabnya,expectation saya sudah cukup rendah kalau mengenai Jakarta dan Indonesia in general. Bukannya saya jahat atau tidak percaya dengan kemampuan bangsa kita untuk maju dan menjadi lebih baik lagi (baca: lebih tertata dan tidak semrawut), tetapi kok sudah ditinggal empat tahun ke Amerika untuk kuliah, Indonesia, khususnya Jakarta, masih gini-gini aja, orangnya juga gitu-gitu aja dan pemerintah bilang gini-gitu tapi yang tambah tinggi bukannya  tingkat kedisiplinan, kejujuran, ketertiban, kelestarian and keamanan, tapi justru mall doang yang gedungnya semakin tinggi. Bagaimana dengan orang-orangnya? Sudah maju belum? Sudah ikut dibangun belum?

Weekend lalu saya pergi bertemu beberapa teman-teman lama dari Amerika yang kebetulan sudah for good juga untuk membicarakan proyek iseng-iseng bersama. Suasana hati kami bagus sekali namun semua itu berubah ketika kami memilih untuk makan di sebuah rumah makan Jepang mahal di Plaza Indonesia (silahkan ditebak sendiri namanya depannya “Ki” hahaha).

Kalau rumah makan sudah matok harga mahal, dan interior design-nya saja sudah heboh, ditambah lagi mbak-mbak dan mas-mas-nya ditugaskan untuk menyapa pelanggan dengan bahasa Jepang yang sebagian besar pelanggan saja tidak paham artinya, yha sini mau pelayanan ultra bagus juga donk!

Jadi ceritanya saya pesan Tempura Udon jam 20:30-an, salah satu teman saya juga pesan makanan yang sama. Pesanan teman saya keluar 20 menit kemudian, sementara punya saya baru disajikan 75 menit kemudian.

Kira-kira 50 menit saya menunggu, saya panggil pelayan rumah makan tersebut. Begini percakapan kami:

Pelayan: “Saya cek dulu yha kak?”

5 menit kemudian dia kembali.

Pelayan: “Wah order-annya keluarnya masih agak lama kak, kira-kira 15 menit lagi. Mau ganti saja atau mau ditunggu?”

Saya: “Kenapa lama banget yha mba? Saya udah nunggu 50 menit lho! Masa punya temen saya udah keluar punya saya belum padahal sama?

Pelayan: “Soalnya barengan order yang itu banyak kak!” (agak kesal)

Saya: “Yha tapi seharusnya ngga selama ini. Ya udah saya tunggu, saya itung 15 menit dari sekarang.”

Tidak lama kemudian, appetizer pesanan teman saya datang. Padahal, makanan utama mereka sudah habis disantap. Lucu kan?

10 menit berlalu saya panggil pelayan yang sama dan coba untuk cek apakah makanan saya masih di Jepang atau sudah mendarat di Indonesia.

Pelayan itu menjawab, “Itu kak sedang jalan ke sini sambil menunjuk temannya.”

Saya bilang: “Jalan? Suruh lari.”

Pelayan itupun menghilang. Lalu temannya datang dan mengajukan pertanyaan kepada saya, “Tempura Udon-nya… untuk kakak yha?”

Teman saya kesal, lalu menyindir, “Iyha, buat siapa lagi? Yang lainnya kan udah selesai makan. Cuma dia doang nih nunggu makanan sampe sejam lebih akhirnya baru dateng.”

Begini argument saya:

1) Loh kan siapa tau di dapurnya sibuk, jadi emang bukan salah mereka juga.

·      Loh mana gue peduli? Waktu rumah makan ini dibangun kan pake kapasitas. Berarti di dapur juga harus bisa mengatasi kapasitas tamu yang dateng. Mau rame kek mau semua tamu pesen Tempura Udon kek! I don’t give two shits because they should have known their capabilities! Kalo gak sanggup ngelayanin 100 orang yha bikin buat 50 orang. Kalo gak sanggup buat 50 orang yha bikin buat 25 orang, dan seterusnya. Kalo ngga sanggup sama sekali yha tutup aja tuh rumah makan.

2) Kasian mba-nya siapa tau dia shift-nya panjang.

·      Itu bukan urusan customer. Masa’ kalo orang bete terus jadi nyolot sama customer? Emang kalo arsitek lagi bete dan capek terus boleh bangunannya jadi miring? Terus kalo ditanya client dia jawab, “iyha saya waktu gambar lagi capek soalnya client saya banyak bukan bapak doang.” Emang acceptable kaya gitu?

3) Mungkin mba nya ngga ngerti arti appetizer apa makanya keluarnya belakangan.

·      Itu tanggung jawab management rumah makannya donk! Ajarin tuh appetizer itu keluar duluan bukan belakangan. Dan juga orang rame-rame dateng ke rumah makan itu mau makan bareng. Bukan yang satu udah beres terus yang satu makanannya belum dateng. Terus pas giliran dateng, eh temennya baru makan appetizer padahal entrée nya udah ludes. Gila yha?

Sebenernya solusi dari permasalahan kaya gini itu gampang;
Pertama, management harus tau kemampuan dapur dan pelayanan sehingga bisa disesuaikan dengan kapasitas rumah makan.

Kedua, pelayan harus diajarkan bagaimana minta maaf dan mengatasi masalah yang muncul saat jam operasi. Kalau di Negara maju, hal pertama yang akan diucapkan si pelayan adalah “I’m so sorry, I’ll check your order.” Dan itu juga dengan senyuman. Bukan justru defensive  dan menyalahkan ramainya pendatang. Biasanya juga kalau pelayanan buruk, customer mendapat discount atau complimentary dish. Atau setidaknya MINTA MAAF. Saya tidak mendengar permintaan maaf waktu kejadian menyebalkan di rumah makan Jepang tersebut. 

Ketiga, training yang regular donk! Terus terapkan SOP nya yang betul. Inspeksi yang betul. Jangan sampe tuh ada oknum-oknum yang membuat citra buruk bagi rumah makannya, walaupun saya juga tahu tidak semua pelayan di rumah makan itu NYOLOT!

Akhirnya kocek habis tapi yang ada saya keluar rumah makan itu yang ada cuma kesal.




ANM

1 comment:

  1. dude..i like ur post but feel bad for what happened to u (kalo di luar2 sono dah GRATIS total gk usah suruh bayar AT ALL..tapi kalo di luar doang)..kayanya kalo idup di indo terutama di jakarta, kudu kuat sabarnya :)

    ReplyDelete